TIDAK ADA TAH 'H1' (kesalahan dalam SEO)

Pada awalnya sebenarnya tag h1 di perkenalkan untuk membantu pemformatan dari suatu dokumen html. Secara harfiah tah H1 dapat kita artikan sebagai "ukuran judul 1" yang umumnya merupakan ukuran font terbesar yang di gunakan secara online. Namun karena 'H1' ini menunjukkan judul dari suatu halaman web tertentu, maka banyak dari mesin pencari memutuskan bahwa bagian ini merupakan bagian yang penting, untuk suatu peringkat di mesin pencari karena mewakili isi dari suatu halaman website. Untuk itu anda dianjurkan untuk menggunakan kata kunci daslam membaut tag 'H1' tersebut.

Judul dengan berbasis gambar adalah tidak bagus.
Mengapa bisa demikian? sekarang banyak dasri halaman website yang lebih kreatif, maka mereka mementingkan suatu tampilan yang wah sehinggga mereka mulai tidak menyukai tampilan yang hanya menggunakan tek biasa saja. untuk itulah mereka menggunakan gambar, meskipun dengan menggunakan gambar akan menjamin tampilan yang sama untuk tiap komputer yang mengaksesnya, namun dengan menggunakan teks judul halaman web akan lebih mudah di kenali oleh mesin pencari.
Walaupun kita dapat menggunakan 'alt tag' dan nama file gambar, namun hal itu belumlah cukup untuk memberikan informasi tentang isi dari suatu halaman web, nama file dan alt tag dapat di manipulasi untuk mengindikasikan isi dari halaman web walaupun kenyataanya adalah berbeda atau tidak ada hubunganya dengan isi dari halaman web tersebut.

Ini berarti mesin pencari akan mewaspadai judul halaman yang menggunakan gambar. beberapa mesin pencari menganggap bahwa judul yang berbasis teks cenderung menampilkan informasi yang relevan dengan pencarian dari suatu halaman web tertentu. oleh karena itu suatu halaman web yang menggunakan judul berbasis teks akan mempunyai peringkat yang lebih tinggi dalam mesin pencari dibandingkan dengan situs-situs yang serupa yang menggunakan gambar sebagai judul halamanya.
Banyak dari judul halaman baik itu yang berbasis teks maupun berbasis gambar masih belum memaksimalkan penggunaanya di mesin pencari, karena mereka hanya menggunakan 'atribut ukuran saja'. seperti pada contoh di bawah ini, teks akan ditampilkan tebal dan juga besar sebagai judul halaman, namun hal itu tidak memegang peran yang berarti di mesin pencari untuk judul halaman web.

contoh 1: < font size="5"> belajar Ngeblog</font>

Pada contoh yang kedua di bawah ini, kode html akan menampilkan hasil yang sama dengan contoh yang pertama tadi, baik itu ukuran maupun ketebalanya. contoh di bawah sudah mengandung tag h1, dan dengan menggunakan tag ini maka halaman website anda akan lebih dikenali oleh mesin pencari.

contoh 2: <h1><fontsize="5">belajar NgeBlog</font></h1>

Nah sekian dulu pembahasanya selamat belajar berkreatifitas..
Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. The content about this topic is fine and more interesting.Thanks for providing this.

    ReplyDelete
  2. selalunya ramai yang tak peduli tentang h1 ini.mungkin perlu ada tutorial lagi tentang hal ini.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di belajar NgeBlog
terimakasih atas komentarnya