BERFIKIRLAH SEPERTI GOOGLE

SEbenarnya tidak ada yang tahu pasti bagaimana sebenarnya google bekerja, kecuali hanya beberapa orang dalam dari google sendiri. namun begitu kita bisa mempelajari bagaimana google bekerja. Seperti kata pepatah tak 'kenal' maka tak 'sayang', jadi jika web site kita ingin di 'sayang' oleh google maka pertama yang harus kita lakukan adalah mengenal google itu sendiri. google merupakan mesin pencari yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna internet untuk saat ini. nah agar website kita bisa jadi sahabat baiknya google maka anda harus berusaha untuk berfikir seperti google.
Seperti mesin pencari yang lainya, google tidaklah menggunakan manusia dalam mempelajari sebuah website, akan tetapi google menggunakan sebuah software otomatis yang hanya dapat melihat koda dan teks pada suatu website. Oleh karena itu unsur selain kode dan teks seperti unsur visual, warna, gambar, animasi flash dan lain lain akan diabaikan oleh google. cara google bekerja atau membaca website adalah seperti orang buta yang membaca buku dalam bentuk huruf braile, artinya segala sesuatu yagn bersifat grafis atau visual sama sekali tidak akan terlihat.
Bagaimana cara google bertamu ke website kita?
Agar website kita bisa terdaftar di database google, maka google harus berkunjung ke website kita kemudian akan menyimpan informasi dari website kita yang google butuhkan untuk kemudian hari dapat di gunakan. dalam mengunjungi website kita, google menggunakan program otomatis yang disebut robot atau spider, program ini akan membaca setiap halaman website anda, dalam membaca spider ini di mulai dari halaman utama (home page) kemudian mengikuti setiap link ke semua halaman-halaman yang lain pada website anda. Banyak orang yang menyebut proses ini dengan nama 'crawled', yaitu ketika robot atau spider mengunjungi website kita.
perlu diketahui bahwa google tidak akan menambahkan halaman web yang baru kedalam indeksnya kecuali pada halaman web tersebut paling tidak ada 1 link dari halaman website lain yang menuju ke halaman website anda. Jadi jika anda punya website baru jangan terburu buru untuk segera mendaftarkan ke google secara langsung, sebiknya anda mendapatkan link di website lain yang menuju ke website anda sendiri.
Program spider utama google disebut googlebot, googlebot inilah yang akan meng 'crawled' website anda. Semakin populer sebuah website maka akan sering di crawled oleh googlebot. Seperti situs berita dan blog yang di update tiap hari oleh pemiliknya, situs-situs ini akan di crawled oleh google tiap hari.
Untuk itu mengingat googel lebih 'menyukai' situs yang lebih tua, oleh karena itu jika anda ingin membuat website baru, segeralah untuk 'menghidupkan' website andaa, jangan anda menunggu website anda jadi secara sempurna, sebaiknya buatlah kerangka utama secara keseluruhan, selesaikan dulu halaman utama dan halaman yang terpenting dari website anda dan membuatnya 'hidup, kemudian anda tinggal mengambahkan konten baru, atau memperbaharui konten anda secara berkala. google juga suka situs yang menambah atau memperbaharui konten secara berkala.
Selamat mencoba, dan belajar. semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di belajar NgeBlog
terimakasih atas komentarnya