BACKLINK DAN PENGERTIANYA

JIka anda sudah pernah membaca ataupun mempelajari tentang search engine optimization (SEO), pasti anda pernah menemui istilah backlink. Dan bagi anda yang baru belajar SEO, tentu anda bertanya-tanya, apa sih backlink itu? dan mengapa backlink penting di dalam dunia SEO ini? Nah dalam artikel ini kita (sama-sama belajar) akan membahas tentang backlink, pentingnya backlink dan bagaimana membangun backlink.
Pengertian Backlink
Backlink adalah link(tautan) yang mengarah ke website anda. Backlink ini juga sering disebut dengan inbound link. Popularitas suatu website akan diukur seberapa banyak jumlah backlink yang dimiliki website tersebut. Backlink ini penting Untuk SEO karena mesin pencari terutama Google akan memberikan kredit yang lebih bagi website yang jumlah backlink nya banyak dan berkualitas, sehingga website tersebut akan dianggap lebih relevan dari pada yang lainya untuk muncul di halaman pertama pada hasil pencarian.
Namun yang perlu anda perhatikan adalah kualitas dari backlink tersebut, karena backlink yang berkualitas namun sedikit tetap lebih baik daripada backlink yang banyak namun tidak berkualitas. Saat ini mesin pencari mempertimbangkan relevansi kata kunci pada suatu website, maka mesin pencari tersebut akan menghitung jumlah backlink yang berkualitas yang berada pada website tersebut.
Sebuah mesin pencari akan menilai kualitas link dari konten/isi suatu website, jadi ketika inbound link pada website anda berasal dari website lain dan website tersebut mempunyai konten yang berhubungan dengan konten/isi dari website anda maka inbound link tersebut akan dianggap lebih relevan dengan situs anda. SEbaliknya jika inbound link tersebut berasal dari website yang tidak berhubungan dengan website anda maka mereka akan dianggap kurang relevan atau bahkan tidak relevan. semakin tinggi relevansi suatu inbound link, maka semakin tinggi pula kualitas inbound link tersebut.
SEbagai contohnya, jika seorang webmaster mempunyai website membahas tentang bagaimana cara merawat mobil yang baik dan menerima backlink dari website yang lain tentang mobil, maka backlink tersebut akan relevan di mata mesin pencari dari pada mendapatkan backlink yang berasal dari situs yang membahas tentang masakan.
Memabangun Backlink
Untuk membangun atau mengumpulkan backlink, anda harus melakukanya dengan perlahan-lahan dan dari waktu ke waktu. Saat ini kualitas dari suatu backlink telah menjadi salah satu kriteria yang cukup penting untuk mendapatkan posisi tertinggi di mesin pencari, hal ini disebabkan oleh para webmaster jahat yang berusaha membangun inbound link dengan licik, seperti link tersembunyi, atau membuat halaman otomatis yang tujuanya adalah memberikan inbound link ke website mereka. Jika anda melakukan hal ini , maka website anda akan di abaikan oleh mesin pencari dan yang lebih parah lagi adalah website anda akan di larang untuk tampil di halaman hasil pencarian mereka.
Tujuan lain dari mendapatkan backlink yang berkualitas adalah untuk menarik pengunjung untuk datang ke website anda. Anda tidak dapat membangun sebuah website kemudian berharap bahwa orang akan menemukan webiste anda tanpa adanya penunjuk jalan, yaitu backlink. Anda mungkin harus berburu tema tentang website anda. Salah satu cara yang digunakan oleh para webmaster untuk mendapatkan tema tersebut adalah melalui pertukaran link.
Pertukaran link adalah salah satu sasaran filter terbaru dari mesin pencari. Banyak dari webmaster telah menyepakati hal ini, dalam rangka meningkatkan peringkat website mereka di mesin pencari dengan banyaknya jumlah inbound link. Dalam pertukaran link, setiap link dari website kita yang ada di website orang lain, maka dalam website kita juga harus ada link yang menunjuk ke website orang lain tersebut. Namun banyak dari link tersebut yang tidak relevan dengan website kita dan mungkin saja diberikan hanya sebagai bonus saja.
Banyak dari para webmaster mempunyai lebih dari satu website. Website tersebut kadang berkaitan antara satudengan yang lainya, dan kadangkala tidak. Oleh karena itu jika anda mempunyai banyak website, anda harus berhati-hati jika ingin menghubungkan antara website-website anda (interlinking). Jika anda melakukan interlinking beberapa situs dengan alamat IP yang sama, hal ini akan berdampak buruk bagi website anda karena mesin pencari akan melihat bahwa anda telah melakukan sesuatu yang mencurigakan. Banyak dari webmaster yang telah mencoba untuk memanipulasi backlink dengan cara ini, dan cara ini disebut dengan pengeboman link. karena banyaknya link yang menuju ke website anda dengan alamat IP yang sama.
Satu hal yang pasti bahwa interlinking ini tidak dapat membantu anda dari sudut pandang mesin pencari. alasan lain menggunakan interlinking adalah untuk menyediakan sumber daya yang lebih kepada para pengunjung website. Namun sebisa mungkin janganlah menggunakan alamat IP yang sama.
Adas beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membangun backlink. Diantaranya adalah melacak backlink anda untuk mengetahui situs yang menghubungkan ke situs anda, Bagaimana teks dari backlink tersebut sebagai kata kunci untuk menghubungkan ke website anda. Salah satu alat yang dapat membantu anda adalah Domain Stats Tool, alat ini akan menampilkan backlink dari domain seperti Google, Yahoo, dan Msn. Alat lain yang dapat membantu anda adalah Backlink Builder Tool. Alat ini akan membantu anda dalam mencari backlink yang berkualitas yang berhubungan dengan situs anda. CAra kerja alat ini adalah dengan anda memasukkan kata kunci dari website anda, maka alat ini akan mencari situs-situs yang terkait berdasarkan kata kunci yang telah anda gunakan tersebut.
Semoga bermanfaat.

8 comments:

  1. Hello buddy, Radical, I’d been are saying cheers meant regarding blogging a exceedingly prime high-quality place, primarily might help many others

    ReplyDelete
  2. It is a very nice and important post. Thank you so much for sharing this information.

    ReplyDelete
  3. Guard all-inclusive findings, distinctive research adored delivers neatly getting this item issue, called as and also additional most of these carefully.

    ReplyDelete
  4. It is great post.Thanks for the sharing the post.Thank you.

    ReplyDelete
  5. I beleive that the post has perfect collection of words and well research.thanks for shearing . Your post is really valuable. keep it up!

    ReplyDelete
  6. This is a better-quality article as they all are. I am waiting to read even more about this topic. I make fun of been wonder wide this an eye to some beat now. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  7. nice post komandan.
    terimakasih sharing ilmunya.

    ReplyDelete
  8. Hi great blog with lots of important stuff. I am waiting to read even more about this topic.
    advertising | top advertising agencies in Pakistan | Marketing Agency | Advertisement

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di belajar NgeBlog
terimakasih atas komentarnya