PENTINGNYA META DESCRIPTION TAG

Meta description tag merupakan sekelompok kata atau kalimat yang merupakan ringkasan dari isi halaman website anda. Ringkasan ini akan muncul pada halaman hasil pencarian.
Seberapa pentingkan Meta description tag itu?
Pertanyaan diatas mungkin merupakan pertanyaan yang sering di tanyakan oleh blogger di seluruh dunia.

Gambar di atas merupakan contoh meta description tag
Mungkin saat ini penggunaan meta description tag ini sangat sedikit dan juga dianggap kurang penting. Pada awalnya meta description tag merupakan faktor penting untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi pada halaman hasil pencarian dari sebuah mesin pencari. Pada waktu itu mesin pencari kuranga "bijaksana" dalam menanggapi meta description tag tersebut sehingga meta description tag pada waktu itu di penuhi oleh kata kunci yang merupakan spam.
Sekarang mesin pencari lebih bijaksana dalam hal meta description tag, dan jika anda menggunakan kata-kata kunci yang spam untuk meta description tag halaman website anda,maka mungkin anda akan mendapat hukuman dan bahkan di larang. Dan jika anda telah terkena hukuman ini,maka akan sulit untuk mengembalikan blog anda seperti semula. Maka dari itu anda harus berhati-hati dalam menggunakan meta description tag ini, jangan membuat kata kunci yang spam dan juga sampai terlihat banyak sekali kata kunci yang menjadikan mesin pencari curiga dan mungkin menganggap meta description tag yang anda gunakan adalah spammy.

Jika anda mempunyai meta description tag yang relevan, maka Google akan menggunakanya sebagai ringkasan pada halaman hasil pencarian. Namun pastikan meta description tag anda sesuai dengan isi halaman website, sehingga jika pengunjung masuk ke halaman website anda, mereka tidak akan merasa kecewa.
Sebuah meta description tag yang di tulis dengan baik dapat menarik lebih banyak pengunjung ke website anda melalui mesin pencari, tapi anda harus hati-hati jangan menggunakan deskripsi yang sama untuk semua halaman website anda, karena hal ini merupakan kesalahan yang masih banyak dilakukan oleh para pemilik website. Jika anda menggunakan meta description tag yang sama untuk semua halaman website anda, maka Google akan mengira bahwa halaman website tersebut telah di duplikasi.

Cobalah untuk menggunakan meta description tag di bawah 150 karakter(termasuk spasi), jangan mengulang lebih dari 2 kali, jika anda menggunakan terlalu banyak kata kunci dalam meta description tag anda, dapat membawa anda untuk mendapatkan sanksi. Tulislah meta description tag anda dengan relevan, akurat dan unik untuk setiap halaman website, serta tulislah secara natural dan bukan "bahasa mesin".

Sebagai kesimpulan meta description tag ini mungkin tidak terlalu berpengaruh untuk rangking website anda karena tidak di hitung oleh algorithma mesin pencari, namun jika anda dapat menggunakan dengan baik dan konsisten maka akan dapat menarik lebih banyak pengunjung ke website anda.
semoga bermanfaat.

18 comments:

  1. maksudnya meta description tag disini untuk homepage saja ato juga untuk postingan2 yang ada?
    makasih..

    ReplyDelete
  2. wah, baru tau nih kalo meta description juga mempunyai pengaruh yang besar...
    makasih buat infonya...

    ReplyDelete
  3. mantap mas tipsnya soal meta description...
    langsung ahhh pasang di blog saya..
    thx.

    ReplyDelete
  4. kalo misalnya meta tag yang buat di masing2 post gimana mas?

    ReplyDelete
  5. great post..
    tapi pengaruhnya sesignifikan apa yah bila kita pake atau tidak?

    ReplyDelete
  6. @Currency Trade Pro
    alangkah baiknya untuk homepage dan postingan juga di kasih, jika ingin membuat meta tag untuk blogger dengan mudah coba anda kunjungi agawebs.com
    terimaksih.

    ReplyDelete
  7. @Bulletin Food and Cake
    untuk membuat meta tag untuk masing2 postingan bisa anda kunjungi website agawebs.com
    di situ akan di jelaskan bagaimana membuatnya dengan menggunakan video tutorial. selamat mencoba.

    ReplyDelete
  8. @Smart Parent
    kalo besarnya pengaruh dari penggunaan meta tag ini saya juga belum tahu. namun jika anda mencari suatu informasi di google, pada halaman hasil pencarianya pasti ada sedikit keterangan tentang informasi tersebut, nah jika anda dapat membuat keterangan yang menarik tentunya pengunjung akan masuk lebih dalam menuju halaman website anda. terimakasih.

    ReplyDelete
  9. Great article. you writen a very informative and helpful tips.

    ReplyDelete
  10. makasih banyak mas buat tipsnya soal Meta Description ini..
    :)

    ReplyDelete
  11. @Home For Dinner
    sama-sama, makasih dah mampir ke blog saya.
    sukses untuk kita semua

    ReplyDelete
  12. sob, ini sebenernya yg ane cari,,, tp gimana cara pasang metanya di setiap posting??? manual gpp deh sob...

    ReplyDelete
  13. mampir kesini gan :D
    liat2 postingan

    jgn lupa mampir balik

    ReplyDelete
  14. This ane I'm looking for,,, i gimana how to install metanya in each post? GPP manual deh sob ...

    ReplyDelete
  15. Hey, just wanted to say that this was a very well written post and I enjoyed reading it. It's great to see someone sharing interesting information on the internet.

    ReplyDelete
  16. Its very interesting artical and quite impressive and more informative too.Thanks a bunch for shearing such a great and informative post with us.keep blogging.

    ReplyDelete
  17. This is a better-quality article as they all are. I am waiting to read even more about this topic. I make fun of been wonder wide this an eye to some beat now. Thanks for sharing.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di belajar NgeBlog
terimakasih atas komentarnya