GOOGLE SEO | Agar mudah dan cepat terindeks

Agar mudah terindeks di mesin pencari.
Mungking bagi anda yang mempunyai situs ataupun blog berharap website anda mudah di temukan oleh mesin pencari, sehingga akan ada banyak pengunjung yang datang melalui mesin pencari tersebut.Berikut ini saya sampaikan tips agar website kita mudah terindeks di mesin pencari seperti google. Dalam hal ini saya mengutamakan google. Namun di sini penulis tidak menjamin bahwa apa yang di sampaikan di sini dapat membuat website anda berada di peringkat teratas mesin pencari. tips agar website kita mudah dan cepat terindeks antara lain:
  1. Judul halaman yang unik dan akurat. Kenapa kita mesti memilih judul yang unik dan akurat? Tag judul memberi tahu pengguna dan mesin pencari mengenai topik tertentu yang berada pada suatu website atau halaman web. Tag  title harus di tempatkan diantara tag head pada html. idealnya judul yang unik di perlukan untuk setiap halaman pada website atau blog anda.JIka ternyata dokumen dari website anda muncul pada halaman hasil dari mesin pencari, maka tag judul dari halaman tersebut akan muncul pada baris pertama. Teks pada judul yang muncul juga akan di tebalkan, sesuai dengan kata yang digunakan atau keyword yang digunakan untuk mencari dokumen. Penebalan teks ini bertujuan agar membantu para pengguna mengenali apakah halaman tersebut memang sesuai dengan apa yang mereka harapkan untuk di temukan. Oleh karena itu halaman judul harus secara tepat dan akurat menjelaskan isi halaman web tertentu atau juga mungkin nama dari website anda. Dalam hal ini yang harus anda praktekkan adalah.
    1. Judul harus dapat menjelaskan secara akurat sehingga anda harus memilih judul yang mewakili topik pembahasan dari suatu halaman web. sedangkan yang perlu anda hindari adalah:
      • memilih judul halaman yang tidak sesuai atau tidak berhubungan dengan isi dari halaman website anda.
      • menggunakan judul yang standar ataupun tidak jelas seperti "untitled" atau "page1.htm".
    2. Buatlah judul yang unik untuk masing-masing halaman. Agar mudah terindeks di mesin pencari maka anda harus membuat judul yang unik untuk masing-masing halaman website anda. Pada setiap halaman website anda idealnya harus mempunyai judul yang unik, hal ini akan membantu google untuk mengetahui perbedaan halaman yang satu dengan halaman yang lainya. Dalam hal ini yang perlu anda hindari adalah:
      • menggunakan satu judul untuk semua halaman atau sebagian besar besar halaman website anda.
    3. Gunakan judul yang singkat tapi jelas, janganlah menggunakan judul yang terlalu panjang, karena menjadikan google hanya menampilkan sebagian judul saja pada saat muncul pada hasil pencarian. gunakanlah judul yang informatif dan dapat mewakili isi dari halaman website anda. Dalam hal ini yang perlu anda hindari adalah: 
      • judul yang sangat panjang yang tidak membantu pengguna dalam mencari suatu dokumen.
      • menyertakan kata kunci yang tidak diperlukan pada judul halaman website anda.
  2. Menggunakan meta tag description. meta tag description merupakan ringkasan dari garis besar isi dari suatu halaman website. Meta tag description ini akan tampil di bawah judul atau kata kunci pada halaman hasil pencarian. meta tag description ini juga berupa satu, dua kalimat atau bisa pula satu paragraf. Penggunaanya juga harus ideal, artinya tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang, atau jangan di ulang-ulang. Penempatan meta tag description ini adalah diantara tag head pada halaman website anda. DEngan adanya meta tag description ini, maka pengguna akan mengetahui apakah halaman website yang mereka temukan memang sesuai atau relevan dengan apa yang mereka cari, walaupun belum mengunjungi website tersebut. Dalam hal ini yang perlu anda praktekkan adalah:
    1. Ringkaslah halaman web dengan tepat dan akurat, tulislah ringkasan untuk di jadikan meta tag description yang dapat menarik perhatian pengguna jika melihat deskripsi atau penjelasan tersebut. Untuk itu anda perlu menghindari hal-hal dibawah ini:
      • meta tag description yang tidak relevan atau tidak ada hubunganya dengan isi dari halaman website anda. 
      • menggunakan deskripsi secara umum seperti "ini adalah halaman web"
      • menggunakan kata kunci untuk descripsi halaman web
      • menggunakan seluruh isi dari halaman website untuk di jadikan meta tag description.
    2. Gunakan penjelasan yang unik untuk masing-masing halaman web. Dengan adanya meta tag description untuk tiap halaman website akan membantu pengguna dan juga mesin pencari untuk menampilkan informasi yang akurat. dengan demikian website anda akan mudah dan cepat terindeks di mesin pencari. Untuk itu dalam hal ini yang perlu anda hindari adalah: 
      • penggunaan meta tag description tunggal untuk mewakili seluruh isi halaman web dalam jumlah besar.
  3. Meningkatkan struktur URL, agar website anda mudah dan cepat terindeks di mesin pencari, maka and perlu untuk meningkatkan struktur url pada website anda. Struktur url hendaknya di buat dengan baik, artinya kategori dan nama file yang sederhana untuk masing-masing dokumen pada website anda. Hal ini akan membantu mengorganisir situs anda dengan lebih baik, serta membuat mesin pencari lebih mudah untuk menemukan informasi yang terdapat pada website anda. Dengan demikian maka website anda akan mudah dan cepat terindeks di mesin pencari.  Buatlah url yang mudah dan "bersahabat" untuk mereka yang ingin menautkan isi dari website anda. Janganlah membuat url yang rumit sehingga pengunjung sulit untuk mengingat urul tersebut. Contoh http://rofirokhman.com/folder1/folder2/1038/0078.htm. Url seperti ini bisa membingungkan karena pengunjung situs anda kesulitan untuk mengingat url tersebut. Pengunjung juga mungkin menganggap sebagain dari url itu tidak penting khususnya jika url menunjukkan parameter yang tidak dapat di kenali. Oleh karena itu agar website anda mudah terindeks oleh mesin pencari maka anda harus menggunakan url yang relevan,dan memberikan informasi yang akurat tentang isi dari halaman website anda. janganlah mengguanakn ID atau parameter yang aneh. contoh url yang baik: http://rofirokhman.com/artikel/belajar-seo-pemula.htm.
SElain itu perlu anda ingat bahwa url yang mewakili suatu dokumen akan di tampilkan sebagai bagian dari hasil pencarian google. URL tersebut akan di letakkan di bawah judul dan deskripsi dari dokumen. Seperti halnya judul dan deskripsi teks yang ada, Url juga akan di tebalkan jika kata tersebut sama dengan kata yang dipakai untuk mencari.
Google memang sangat bagus dalam menelusuri semua struktur url bahkan url yang rumit sekalipun, tapi jika anda meluangkan waktu untuk membuat url anda menjadi sesederhana mungkin, maka hal ini akan membantu para pengguna maupun mesin pencari dalam menelusuri website anda. Jika anda ingin belajar lebih lanjut bisa anda dapatkan di google webmaster tool pada bab membuat Url yang bersahabat dengan google.
yang perlu anda praktekkan adalah:
  1. Dalam membuat url gunakan kata yang relevan dengan isi dari halaman website anda. dengan membuat url yang relevan memungkinkan para pengunjung tertarik untuk menautkanya dengan website mereka.
    • hindari URL yang sangat panjang dan parameter yang tidak perlu 
    • menggunakan nama halaman standar seperti "page1.htm"
    • menggunakan kata kunci yang berlebihan dan di ulan-ulang.
  2. Buatlah struktur direktori yang sederhana. gunakan struktur direktori yang mengatur isi dari website anda dengan baik dan memudahkan pengunjung untuk mengetahui tempat konten atau isi dari website tersebut. uahakan menggunakan struktur yang mengindikasikan jenis dan isi yang telah di wakili oleh URL tersebut. dalam hal ini yang perlu anda hindari adalah:
    • direktori bersarang yang dalam seperti: dir1/dir2/dir3/dir4/dir5/dir6/page.htm
    • nama direktori yang tidak sesuai dengna isi dari direktori tersebut.
     3.  Hanya menggunakan  satu versi URL untuk masing-masing dokumen, hal ini untuk mencegah pengguna bertaut satu versi URL, sedangkan ada pengguna lainya yang juga bertaut namun menggunakan versi URL yang lain. yang perlu di hindari:\
    • memiliki domain dan subdmain (domain.com/page.htm dan sub.doman.com/page.htm) untuk mengakses isi halaman yang sama.
    • mencampur www dan non www dalam satu struktur tautan internal.
    • menggunakan huruf besar yang aneh pada URL, para penggunak biasanya mengharapkan URL dibuat menggunakan huruf kecil semua agar  lebih mudah di ingat dan di pahami.
 Demikian tips untuk menjadikan website anda mudah dan cepat  terindek di mesin pencari.
semoga bermanfaat.

2 comments:

Silahkan berkomentar di belajar NgeBlog
terimakasih atas komentarnya