BERANI BERKATA TIDAK

RAHASIA REVOLUSI WAKTU | BERANI UNTUK BERKATA TIDAK
Rahasia selanjutnya jika kita ingin merevolusi waktu kita, kita harus berani mengatakan TIDAK. Jika kita tidak berani mengatakan tidak, artinya kita akan mengatakan YA terhadap tuntutan -tuntutan atau perintah-perintah kerja yang datang kepada kita, yang perlu anda ketahui bahwa permintaan kerja ini tidak selamanya datang dari luar, termasuk datang dari diri kita sendiri, saat kita fokus dalam suatu pekerjaan, tiba-tiba muncul ide dan kita beralih ke pekerjaan yang lain.
Artinya diri kita meminta kita untuk memindashkan pekerjaan kita. tentu saja permintaan - permintaan kerja itu bisa dastang  dasri orang lain termasuk dari atasan kita, dari rekan kerja kita dan dasri siapapun. Jika kita ingin merevolusi waktu kita, kita harus lebih berani mengatakan tidak, dari manapun datangnya permintaan itu. Masalahnya jika anda tidak berani mengatakan tidak terhadap semua pekerjaan yang datang kepada anda, maka anda akan overload, anda akan kelebihan beban, akhirnya anda tidak akan fokus anda tidak memiliki kendali terhadap pekerjaan anda, dan andapun tidak akan enjoy dalam melakukan pekerjaan anda.
Mungkin anda bertanya-tanya, "Bagaimana mungkin mengatakan tidak terhadap perintah-perintah yang datang dari atasan?", tentu saja perintah-perintah yang datang dari atasan kita harus menerimanya karena itu adalah konsekwensi kita bekerja. Tetapi bukan berarti kita harus menerima semua perintah dari atasan, kitapun harus tetap berani mengatakan tidak, tentu saja dengan cara yang baik dan dengan tujuan justru untuk kebaikan bersama juga.
berani berkata tidak,artikel motivasi,islam

Anda harus melakukan komunikasi yuang baik dengan atasan anda, bahwa saat anda meolak pekerjaan bukan berarti anda membangkan atasan anda, justru anda menolak pekerjaan demi pekerjaan yang lain supaya anda melakukan pekerjaan anda lebih bermutu dan lebih cepat selesai. Jadi intinya bagaimana kita mengatakan tidak terhadap apa yang di katakan atasan. Yang perlu di perhatikan di sini adalah bagaimana cara mengatakan tidak kepada atasan kepada atasan anda. Jangan sampai anda mengatakan tidak justru akan membunuh karir anda, seharusnya anda mengatakan tidak yang akan mengangkat karir anda dan disinilah anda perlu berfikir di luar kotak yaitu bagaimana cara yang tidak biasa supaya tetap bisa mengatakan tidak pada atasan kita dan karir anda justru malah bagus.
Ada 4 pekerjaan yang sebaiknya anda tolak, atau bahkan harus anda tolak, atau anda berkata tidak:
  1. Pekerjaan yang tidak sesuai dengan visi anda, pekerjaan-pekerjaan yang tidask sesuai dengan visi, justru malah akan mengganggu perjalanan anda menuju sukes. Apalagi jika pekerjaan tersebut arah visinya berlawanan dengan visi pekerjaan anda. Cobalah lihat jika ada permintaan pekerjaan yang datang, baik dari diri sendiri, maupun dari luar, apakah ini sesuai dengan visi and? Jika tidak katakan tidak sebisa mungkin.
  2. Pekerjaan yang berkualitas rendah. Pekerjaan berkualitas atau hasilnya tidak sepadan sebaiknya anda tolak. Cobalah seleksi pekerjaan-pekerjaan anda yang hasilnya sebenarnya tidak berarti, yang hasilnya tidak memberikan dampak besar dalam kehidupan anda. Jika anda bisa mengidentifikasikanya, tolak saja pekerjaan yang seperti ini. 
  3. Pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang anda. Jika suatu pekerjaan tidak sesuai dengan bidang anda, maka anda tidak akan optimal dalam melaksanakanya. Dari pada anda membuang waktu untuk pekerjaan-pekerjaan yang anda tidak mampu optimal melakukanya sebaiknya tinggalkan saja. Anda bisa alihkan waktu anda ke pekerjaan-pekerjaan yagn sesuai dengan bidang anda.
  4. Pekerjaan yang bukan pekerjaan anda. Maksudnya jika anda seorang karyawan, anda tentu sudah memiliki deskripsi pekerjaan atau apa yang di sebut dengan joblist. Jika tidak sesuai dengan joblist anda, maka beranilah anda untuk mengatakan tidak terhadap pekerjaan tersebut. Jika sesuai dengan joblist baru anda katakan YA.
Manfaat terbesar yang anda bisa dapatkan jika anda berani mengatakan tidak adalah anda bisa menjaga fokus anda. Pekerjaan-pekerjaan utama anda tidak akan terganggu oleh pekerjaan-pekerjaan yang berkualitas rendah, yang mengalihkan arah visi anda, atau pekerjaan-pekerjaan yang sebenarnya hanya merepotkan diri anda saja. Jika anda bekerja lebih fokus, jika anda bekerja tetap fokus, maka anda akan bekerja dengan kualitas yang lebih tinggi, atau anda akan lebih cepat mendatangkan hasil.
Maka beranilah anda untuk mengatakan TIDAK...
Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. sebuah artikel motivasi..terima kasih sudah berbagi sobat

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di belajar NgeBlog
terimakasih atas komentarnya