OPTIMASI WEBSITE UNTUK PONSEL

Saat ini para pengguna layanan internet tidak hanya mereka saja yang punya pc desktop atupun komputer jinjing (notebok/netbook), namun yang mempunyai telepon seluler (HP) sekarang sudah dapat menikmati layanan internet ini dengan mudah. Disamping produk-produk keluaran baru dari telepon seluler tersebut kini pasti sudah di lengkapi dengan fitur-fitur yang menggunakan layanan internet seperti chatting dan jejaring sosial. 
Meskipun saat ini kebanyak para pengguna internet melalui telepon seluler hanya menggunakan fasilitas chatting atau jejaring sosial tersebut, namun tidak ada salahnya anda menangkap peluang untuk mengoptimasi website anda agar mudah ditemukan jika melakukan pencarian melalui telepon seluler. 
Yang perlu anda perhatikan adalah bahwa pencarian melalui telepon seluler tersebut mempunyai aturan yang berbeda dari aturan pada pencarian desktop biasa. inilah sebabnya jika anda tidak ingin ketinggalan dengan "pencarian mobile" ini, maka anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan para penguna mesin pencari mobile tersebut. 
Berikut ini adalah beberapa aturan yang penting untuk di pertimbangkan jika anda ingin mengoptimasi  website anda untuk pencarian mobile.
  • Gunakan frase yang pendek untuk sebuah kata kunci
Para pengguna telepon seluler biasanya hanya mengetikkan kata yang pendek di HP mereka jika ingin mencari sesuatu di internet. Bahkan telepon seluler dengan keyboard QWERTY pun akan merasa malas untuk mengetikkan kata yang panjang pada mesin pencari. Dan ini adalah alasan mengapa kita harus menggunakan frase/kata yang pendek untuk kata kunci. Anda dapat menggunakan maksimal 2 kata untuk kata kunci. 
  • Biasanya untuk pencarian skala Lokal
  • Para pengguna telepon seluler biasanya hanya mencari barang ataupun jasa dengan skala lokal saja, artinya tidak jauh dimana dia berada. Misalnya jika seseorang dalam perjalanan kemudian ingin mencari makan, tentunya dia akan mencarinya yang dekat dengan posisi mereka. Oleh karena itu jarang sekali para pengguna telepon seluler mencari dengan skala internasional untuk kebutuhan mereka. 
  • Yang populer dalam pencarian dengan menggunakan telepon seluler
  • Kategori terpopuler untuk pencarian menggunakan telepon seluler antara lain, olah raga, berita, cuaca dan informasi keuangan. Oleh karena itu jika website anda termasuk dari kategori tersebut, alangkah baiknya anda mengoptimasi website anda agar dapat menjadi website yang "mobile-friendly", atau anda bisa mempertimbangkan untuk memiliki dua versi dari website anda yaitu untuk pencarian desktop dan pencarian telepon seluler, dan ini adalah lebih baik untuk anda. 
  • Peringkat pencarian pada telepon seluler
  • Dalam pencarian menggunakan telepon seluler peringkat 10 pada halaman pertama hasil pencarian adalah tidak ada, yang ada adalah 3 peringkat pertama. ini di karenakan karena keterbatasan layar dari telepon seluler tersebut. 
  • Promosikan website anda yang "mobile-friendly"
  • Anda dapat mempromosikan situs anda dengan mengirimkanya ke mesin utama pencarian mobile, portal portal mobile, dan direktori khusus untuk pencarian menggunakan telepon seluler.
    Hal ini sangat penting jika pengunjung anda datang dari Google atau mesin pencari utama yang lainya. Namun jika anda ingin mendapatkan pengunjung yang lebih banyak maka penggunaan mesin pencari mobile, portal mobile, dan direktori adalah yang harus anda perhatikan. Untuk saat ini sumber daya dari telepon seluler ini cukup besar untuk mendatangkan pengunjung, jadi jangan mengabaikan mereka. Banyak dari para pengguna telepon seluler tidak menggunakan Google untuk mencari sesuatu di internet namun mereka langsung menuju ke portal yang mereka ketahui, oleh karena itu jika situs anda telah terdaftar dalam portal tersebut maka pengunjung otomatis akan langsung menuju ke situs anda tanpa melalui mesin pencari. 
  • Standar pencarian pada telepon seluler
  • Jenis dari standar pencarian pada telepon seluler berbeda dengan pencarian desktop, dan jika anda ingin situs anda di crawl oleh spider mesin pencari, maka anda harus mematuhi peraturan mereka, anda harus tahu apa standar dari telepon seluler agar tampilan dari website anda akan lebih baik. Memang walupun website anda diakses menggunakan telepon seluler dengan standar rendah, situs anda akan tetap tampil namun mungkin saja tampilanya akan mengecewakan para pengunjung. 
  • Jangan lupakan meta.txt
  • Meta.txt merupakan file khusus dimana anda dapat secara singkat menjelaskan atau menggambarkan sisi dari situs anda. Sebuah mesin pencari akan langsung mengindeks meta.txt tersebut, asalkan berada di dalam direktori root. Meta.txt hampir mirip dengan robot.txt pada pencarian desktop dan juga hampir sama dengan meta tag, (description dan keyword). Salah satu kelebihan meta.txt adalah mudah di pahami baik oleh manusia maupun mesin pencari. 
  • Halaman website pada pencarian telepon seluler
  • Karena keterbatasan layar pada telepon seluler, maka untuk halaman website sebaiknya anda menggunakan artikel yang tidak terlalu panjang, inilah sebabnya jika anda mempunyai 2 versi untuk website anda akan menjadi lebih baik. Kata kunci sangat penting dalam pencarian menggunakan telepon seluler, jadi tetap gunakan kata kunci untuk halaman website anda. 
  • Pencarian prediktif pada telepon seluler
  • Pencarian prediktif juga populer dalam pencarian pada telepon seluler, karena akan menghemat tenaga kita untuk mengetikkan frase,atau kata kunci, itulah sebabnya jika kata kunci yang anda gunakan adalah salah satu dari hasil pencarian umum akan meningkatkan peluang website anda untuk dapat dengan mudah di temukan. 
  • Periksa tampilan situs anda pada telepon seluler
  • Setelah anda optimasi website anda untuk pencarian menggunakan telepon seluler, maka anda harus memeriksa bagaimana tampilan dari situs anda meluli perangkat telepon seluler, ini sangat penting sehingga anda dapat mengetahui dimana letak kekurangan dan kelemahanya sehingga anda dapat segera memperbaikinya. 
    Nah semoga bermanfaat...

    13 comments:

    1. Hi there I like your post. I keep listening to the news speak about getting free online grant applications so I have been looking around for the best site to get one. Thank you for your help!

      ReplyDelete
    2. Hi! This is very interesting and worth to read. I would really appreciate your way of expression. I should come-back to see your further postings Thanks & Have a nice day……

      ReplyDelete
    3. thanks banget buad infonya mas...keren banget

      ReplyDelete
    4. This is very interesting and worth to read. I would really appreciate your way of expression. I should come-back to see your further postings

      ReplyDelete
    5. This is very interesting and worth to read. I would really appreciate your way of expression. I should come-back to see your further postings Thanks

      ReplyDelete
    6. I've never know about this topic. It’s really interesting to read.. I like this blog to know about new things. Thanks for this.

      ReplyDelete
    7. Hi,great to read the artical that you post. The artical is interesting and relevant to today. I am waiting for more information.

      ReplyDelete
    8. This is a better-quality article as they all are. I am waiting to read even more about this topic. I make fun of been wonder wide this an eye to some beat now. Thanks for sharing.

      ReplyDelete

    Silahkan berkomentar di belajar NgeBlog
    terimakasih atas komentarnya