LINK INTERNAL (INTERNAL LINKS)

Link internal merupakan sebuah tautan (link) yang berada pada suatu halaman dari website anda yang menuju pada halaman website itu sendiri ataupun menuju ke halaman website yang lain. Mungkin anda pernah menemuinya ketika membaca suatu artikel. Tujuanya adalah agar memudahkan bagi para pengunjung website anda dalam menjelajah suatu halaman website. Jika anda ingin memanjakan para pengunjung website anda, maka tidak ada salahnya anda memperhatikan tentang link internal ini.
Link dalam satu halaman
Pada dasarnya untuk membuat sebuah link adalah menggunakan tag <a>, tetapi untuk link dalam suatu halaman (yang mengarah pada suatu bagian dari halaman tersebut)anda dapat membuatnya dengan memberikan section name (sebuah nama dari bagian yang akan di tuju tersebut), kemudian membuat link untuk menuju ke bagian yang telah di buat tersebut.
Contohnya anda ingin membuat tautan (link) yang menuju ke bagian paling atas dari suatu halaman website anda, maka anda harus menambahkan tag ini pada bagian atas dari halaman website anda(tentunya berada di dalam tag <body>)
<a name="top"></a>
Kode diatas merupakan "section_name", yaitu bagian nama yang akan di tuju. Anda tidak perlu menambahkan tag apapun diantara tag pembukaan dan tag penutup. Setelah itu untuk mengakses bagian yang telah kita buat tersebut anda dapat membuat link di tempat manapun yang anda suka dengan cara menulis tag di bawah ini:
<a href="#top">halaman atas</a>
Perhatikan tanda pagar(#) diatas, Tanda pagar tersebut memberitahukan bagian mana yang harus di tuju, dan tujuan tersebut masih dalam satu halaman, bukan ke halaman yang lain. Jadi link tersebut hanya akan menuju ke bagian "top" yang tadi telah kita buat pada section_name, Jadi disini anda bisa membuat nama sesuai dengan yang anda inginkan yang perlu di perhatikan adalah penggunakan tanda pagar(#) harus anda sertakan dalam link yang kita buat.

Link ke halaman yang lain
Untuk membuat link ke bagian tertentu dari halaman yang lain dari website anda,maka caranya hampir sama dengan cara membuat link dalam satu halaman, yang perlu anda perhatikan adalah anda harus tahu section_name yang digunakan sehingga anda tidak salah menuju bagian halaman tersebut. Section_name untuk link ini akan di letakkan setalah kode "a href" (<a href="http://...... #section_name">link_name</a>). Karena bagian ini adalah bagian untuk mengenali kemana harus menuju link tersebut.
Contoh:
Kita akan membuat link ke halaman yang lain pada bagian "SEO_2011", maka tagnya adalah:
<a href="http://www.belajarngeblogx.co.cc/2010/12/menyambut-seo-2011.html#SEO_2011">SEO 2011</a>
maka hasilnya adalah sebagai berikut:

Apa sih kegunaan internal link?
Tentu saja manfaat yang paling terasa adalah memudahkan bagi para pengunjung website kita untuk menjelajahi suatu halaman website. Anda tentu tahu jika anda membaca suatu artikel kemudian menggeser halaman ke bawah, tentunya menu-menu yang ada di atas akan hilang kan? nah dengan adanya link internal ini memudahkan pengunjung untuk kembali ke halaman atas atau bagian tertentu dari halaman website tersebut.
Fungsi lainya adalah untuk mempersingkat dalam pencari suatu bagian tertentu dari halaman website ataupun melompatinya, misalkan anda sudah memahami atau tahu bab pertama maka anda bisa langsung menuju ke bab kedua dan seterusnya.

Demikian semoga bermanfaa.
Selamat mencoba.

8 comments:

  1. pertamax sob..komnt baliknya ditunggu

    ReplyDelete
  2. @aolih
    terimakasih telah mampir ke blog ane...

    ReplyDelete
  3. Ok banget Web nya Dan kapan - kapan mampir ke blog saya

    ReplyDelete
  4. Hello buddy, Radical, I’d been are saying cheers meant regarding blogging a exceedingly prime high-quality place, primarily might help many others

    ReplyDelete
  5. Very entertaining subject, I will bookmark your website to check out if you publish more in the future. Thanks!

    ReplyDelete
  6. I’d been are saying cheers meant regarding blogging a exceedingly prime high-quality place, primarily might help many others

    ReplyDelete
  7. This information is absolutely brilliant for writing and thanks to you for shearing.

    ReplyDelete
  8. This is a better-quality article as they all are. I am waiting to read even more about this topic. I make fun of been wonder wide this an eye to some beat now. Thanks for sharing.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di belajar NgeBlog
terimakasih atas komentarnya