META DESCRIPTION,DESKRIPSI META TAG

Kita lanjutakan lagi masalah kesalahan pada SEO, sekarang kita akan bahas meta description tag dan kesalahan yang terjadi di dalamnya.
Meta description atau penjelasan ringkas dari suatu halaman web dapat anda temukan di bagian meta tag dari header suatu halaman website. Bagian ini merupakan bagian yang kadang tidak digunakan secara maksimal bahkan malah kadang terleawatkan oleh para pembuat website.
Meta description adalah bagian yang digunakan oleh mesin pencari untuk menjelaskan secara ringkas dari suatu halaman website pada saat halaman tersebut di temukan oleh mesin pencari. Meta description akan ditampilkan oleh mesin pencari di bagain bawah judul dari suatu halaman web.
Misalnya anda mengetikan "rahasia revolusi waktu" di google, maka akan tampil situs dengan judul dari judul halaman website yang kemudian di bawahnya akan ada sedikit penjelasan dari isi halaman website tersebut.
lihat gambar di bawah ini:

Seperti yang dapat anda lihat dengan cara melihat kode sumber dari suatu halaman website, bagian terakhir dari meta tag description ini sebernya terlewatkan oleh mesin pencari. Oleh karena itu perlu diingat bahwa para webmaster sekalipun tidak dapat mengendalikan secara langsung atas format apa dan bagaimana tepatnya sebuah halaman web akan ditampilkan dalam halaman hasil pencarian.
Meta description yang bagus harus mengandung ringkasan yang menarik dan informatif tentang isi dari halaman web tersebut. Meta description juga harus dapat menarik pagi para pengguna mesin pencari untuk dapat mengunjungi halaman website mereka, dan ini berarti juga harus menarik bagi mesin pencari.
Dalam membuta meta description usahakan terdiri dari 100 sampai dengan 200 karakter termasuk spasi. Meskipun google cenderung hanya akan menampilkan 150 karakter, namun mesin pencari lain kadang menampilkan sampai dengana 225 karakter. Disisi lain MSN sering mengambil 100 karakter awal dari meta description dan menggunakan konten atau isi yang dianggap lebih relevan yang diambil dari halaman website yang sama untuk melengkapi deskripsi yang akan ditampilkan.

Meta description yang baik adalah meta description yang di tulis secara natural, uraian dalam meta description haruslah masuk akal mewakili dari semua informasi yang ada di dalam suatu halaman website, dan juga harus menarik bagi para pengunjung untuk melihat halaman website tersebut lebih dalam lagi.
Selain itu alangkah baiknya lagi jika meta description juga mengandung kata kunci dari halaman web tersebut, ini untuk menegaskan kepada mesin pencari bahwa halaman tersebut memang sesuai dengan informasi yang sedang dicari yang tampil dihalaman mesin pencari.
Jika anda menggunakan meta description ini secara maksimal, maka selain dapat memberikan gambaran yang bagus tentang isi website anda, juga akan dapat meningkatkan peringkat website and di mesin pencari untuk suatu frasa atau kata kunci serta akan mendapatkan pengunjung yang tertarget melalui mesin pencari.
Nah sekian dulu, dan selamat belajar. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di belajar NgeBlog
terimakasih atas komentarnya