AGAR PRINTER ANDA AWET DAN TAHAN LAMA

Bagi anda yang mempunyai komputer atau laptop tentunya belum lengkap jika belum ada printer. Alat untuk mencetak ini sekarang memang sudah banyak macam dan jenisnya dari yang murah meriah sampai yang jutaanpun ada. Mungkin bagi anda yang punya printer kadang merasa kalau printernya tidak awet dan cepat rusak, terutama pada bagian cartridge atau tempat tinta, karena bagian ini memang yang paling mahal dari pada komponen yang lainya. Nah saya akan berikan tips dan trik agar printer anda awet dan tahan lama.
  1. Jika anda tidak sering menggunakan printer dalam jangka waktu lama, maka usahakan anda tetap menyalakan printer secara berkala, hal ini akan membuat tinta tetap encer, karena bila tinta menjadi kering maka hal tersebut dapat merusak head printer.
  2. Setelah menggunakan printer maka jangan meninggalkan printer dalam keadaan terbuka, usahakan agar menutup printer dengan kain ataupun yang lain agar debu tidak masuk kedalam printer.
  3. Jika akan mengisi ulang tinta printer, maka ada cara yang khusus yang harus anda lakukan, yaitu setelah cartridge printer dalam keadaan siap untuk disis maka cabutlah kabel power printer, kemudian baru mengisi tinta. Kemudian setelah terisi masukkan lagi cartridge tinta kedalam tempatnya, baru kemudian printer dinyalakan.
  4. Jika terjadi paper jam, atau kertas yang tersangkut di dalam printer ketika mencetak maka jangan pernah menariknya dengan paksa, karena hal ini dapat menyebabkan sisa-sisa kertas yang tertinggal didalam printer.
  5. Jika tinta Printer sudah habis, segeralah mengisi ulang tinta karena jika terlambat dapat menyebabkan headnya kering, dan jika hal ini dipaksakan untuk ngeprint dapat menyebabkan cartridgenya rusak.
  6. Saat isi ulang tinta printer, harus dilakukan dengan hati-hati dan pastikan yang mengisi tinta benar-benar paham tentang printer, karena jika hal ini di abaikan dapat menyebabkan cartridge cepat rusak.
  7. Jika lokasi dekat jalan atau yang banyak berdebu, maka usahakan menyimpan kertas ditempat yang rapi karena jika kertas terkena debu dan digunakan untuk mencetak maka dapat menyebabkan head printer rusak.
Demikian tips dan trik agar printer awet, tentunya jika anda mempraktekkanya dengan benar.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di belajar NgeBlog
terimakasih atas komentarnya