Really Simple Syndication

RSS Feed, sebuah kata yang sebelumnya membuat saya bertanya-tanya. Apa sih RSS itu? Apa Fungsinya?, dan bagaimana cara menggunakanya?
Setalah browsing, surfing, googling kesana kemari akhirnya saya menemukan "pencerahan".
RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protokol:
  • Rich Site Summary (RSS 0.91)
  • RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
  • Really Simple Syndication (RSS 2.0)
Teorinya sederhana yaitu sebuah informasi dalam website akan di bagikan kepada anda yang telah berlangganan RSS tersebut, jadi anda tidak perlu lagi mengunjungi situs tersebut untuk mendapatkan informasi. Misalnya jika anda menyukai website tentang dunia olah raga biasanya anda akan mengunjungi website ESPN.com untuk mendapatkan informasi olahraga, karena informasi tersebut dapat diantar kepada Anda ke lokasi yang anda inginkan (email atau Feed reader).

Informasi ini akan segera di kirimkan kepada anda begitu informasi tersebut di publish oleh website. Manfaat  RSS Feed adalah anda tidak perlu lagi membuka halaman web/blog satu persatu untuk mengetahui ada artikel terbaru atau tidak cukup dengan membuka Feed reader maka anda bisa membaca artikel terbaru dari setiap blog/web yang telah anda daftarkan. ini tentu saja akan mempersingkat waktu anda dalam berselancar dan mencari info terbaru di internet.
Apa Feed Reader itu?
Untuk dapat membaca RSS reader, kita memerlukan aplikasi. Aplikasi tersebut dapat berupa aplikasi komputer maupun sebuah layanan web yang tersedia online. Ada bermacam-macam rss reader yang bisa anda dapatkan secara gratis. Saya sarankan anda anda menggunakan aplikasi yang berbasis browser karena hal itu akan lebih memudahkan anda.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di belajar NgeBlog
terimakasih atas komentarnya